Apa Serviks itu?

Apa itu servik?
Servik atau Leher rahim merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita. Ada dalam panggul. Leher rahim adalah rendah, sempit bagian dari rahim (rahim).

apa itu serviksLeher rahim adalah gang:

* Serviks menghubungkan uterus ke vagina. Selama periode menstruasi darah mengalir, dari rahim melalui leher rahim ke dalam vagina. Vagina mengarah ke bagian luar tubuh.


* Leher rahim membuat lendir. Selama seks, lendir membantu sperma bergerak dari vagina melalui leher rahim ke dalam rahim.


* Selama kehamilan, serviks tertutup rapat untuk membantu menjaga bayi di dalam rahim. Selama persalinan, leher rahim terbuka untuk memungkinkan bayi melewati vagina.

Apa itu kanker?

Kanker dimulai dalam sel, blok bangunan yang membentuk jaringan. Jaringan membentuk organ tubuh.

sel-sel normal tumbuh dan membelah membentuk sel-sel baru sebagai tubuh kebutuhan mereka. Ketika sel normal menjadi tua atau rusak, mereka mati, dan sel-sel baru mengambil tempat mereka.

Kadang-kadang, proses ini berjalan salah. sel-sel baru terbentuk ketika tubuh tidak membutuhkannya, dan tua atau rusak sel tidak mati seperti seharusnya. Penumpukan sel ekstra sering bentuk massa jaringan disebut pertumbuhan atau tumor.

Pertumbuhan pada leher rahim bisa jinak atau ganas. Pertumbuhan jinak tidak kanker. Mereka tidak berbahaya seperti pertumbuhan ganas (kanker).

* Jinak tumbuh (polip, kista, atau genital warts):


o jarang mengancam kehidupan


o tidak menginvasi jaringan di sekitar mereka


* Ganas pertumbuhan (kanker serviks):


o kadang-kadang dapat menjadi ancaman bagi kehidupan


o dapat menyerang jaringan sekitar dan organ


o dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh

kanker serviks dimulai dalam sel-sel di permukaan leher rahim. Seiring waktu, kanker serviks dapat menyerang lebih dalam ke dalam serviks dan jaringan di dekatnya. Sel-sel kanker dapat menyebar dengan melepaskan diri dari aslinya (primer) tumor. Mereka memasuki pembuluh darah atau pembuluh getah bening, yang cabang ke semua jaringan tubuh. Sel-sel kanker dapat melampirkan ke jaringan lain dan tumbuh untuk membentuk tumor baru yang dapat merusak jaringan tersebut. Penyebaran kanker disebut metastasis. Lihat bagian Stadium untuk informasi tentang kanker serviks yang telah menyebar.
0 Komentar untuk "Apa Serviks itu?"


Back To Top