sari buah nanas untuk kesehatan alami

Nanas adalah buah tropis dengan daging buah berwarna kuning memiliki kandungan air 90% dan kaya akan Kalium, Kalsium, lodium, Sulfur, dan Khlor. Selain itu juga kaya Asam, Biotin, Vitamin B12, Vitamin E serta Enzim Bromealin.

Sari buah nanas adalah cairan yang diperoleh dari proses ekstraksi buah nanas. Sari buah tersebut terbagi dua, ada yang dapat diminum langsung dan ada yang difermentasi menjadi sari minuman kesehatan alami.

Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki hasil agroindustri nanas yang cukup populer adalah Sumatera Selatan. Produk olahan nanas dapat berupa makanan dan minuman, seperti selai, cocktail, sirup, sari buah, keripik hingga manisan buah kering.

Beriktu ini proses sederhana pembuatan sari nanas yang berguna untuk kesehatan sekaligus bisa dibuat sebagai penghasilan bila dijual, hehee..:

Bahan:

1. 10 buah nanas (setelah dikupas menjadi 5 kg nanas). Lumuri garam lalu cuci bersih

2. 10 liter air

3. 2 kg gula pasir

4. 15 gr (1 sendok makan) Citrun Zuur

5. Pewarna kuning secukupnya (pewarna makanan loh..bukan pewarna tekstil)

6. 1,5 sendok the Benzoat



Cara membuat:

1. Blender nanas dalam air secukupnya (diambil dari yang 10 liter)

2. Saring dengan kain kasa

3. Tambahkan sisa air

4. Masukkan gula, Citrun Zuur, dan pewarna kuning

5. Rebus sampai mendidih. Sesekali boleh diaduk

6. Masukkan Benzoat

7. Angkat lalu dinginkan

8. Setelah dingin, masukkan dalam botol yang sudah direbus dan dikeringkan.



Untuk 15 liter (15 botol)





Selain yang disebutkan di atas, buah nanas juga mengandung vitamin (A dan C), Kalsium, Fosfor, Magnesium, Besi, Natrium, Kalium, Dekstrosa, Sukrosa (gula tebu), dan Enzim Bromealin. Bromelain berkhasiat anti radang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat agregasi platelet, dan mempunyai aktivitas fibrinolitik. Enzim bromealin dalam nanas juga berfungsi melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan sehingga juga dapat menghancurkan bisul bila ada. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit (konstipasi). Daun mengandung kalsium oksalat dan pectic substances.





Masakan yang dibuat dengan 250 gram nanas yang diiris-iris, 60 gram cincangan daging ayam dan lada secukupnya yang kemudian digoreng dapat mengatasi penyakit darah rendah dengan gejala lemasnya kaki dan tangan.



Banyak sekali manfaat sari buah nanas untuk kesehatan yang merupakan bahan alami. Untuk mengetahui manfaat lain dari sari buah nanas untuk kesehatan alami, akan dilanjutkan di posting berikutnya.



Copy right www.healthy-essence.blogspot.com sari buah nanas kesehatan alami
0 Komentar untuk "sari buah nanas untuk kesehatan alami"


Back To Top