PERENCANAAN DAN PELAKSANAKAN PENCEGAHAN KANKER LEHER RAHIM (SERVIKS) DAN PROGRAM PENGENDALIAN

Tidak seperti kebanyakan kanker lainnya, kanker serviks dapat dicegah melalui program pemeriksaan yang dirancang untuk mengidentifikasi dan mengobati lesi prekanker. Namun, lebih dari 490.000 kasus baru kanker serviks terjadi pada perempuan di seluruh dunia setiap tahun (Ferlay et al 2004).. Sekitar 80% dari semua kasus kanker serviks di dunia terjadi pada negara-negara berkembang, karena program-program pencegahan baik ada atau buruk dieksekusi. Sebagai respon terhadap situasi ini, ACCP telah bekerjasama di lebih dari 50 negara untuk:

* Menilai pendekatan inovatif untuk skrining dan pengobatan.
* Meningkatkan sistem penyampaian layanan.
* Pastikan bahwa perspektif dan kebutuhan masyarakat yang dimasukkan ke dalam rancangan program dan digunakan untuk mengembangkan mekanisme yang sesuai untuk meningkatkan pemanfaatan.
* Meningkatkan kesadaran tentang kanker serviks dan strategi pencegahan yang efektif.


Perencanaan dan Pelaksanaan Pencegahan Kanker Serviks dan Pengendalian Program: Sebuah Panduan untuk Manajer telah dikembangkan untuk membantu manajemen tim merencanakan, melaksanakan, dan memantau pencegahan kanker serviks dan layanan kontrol. Tim ini terdiri dari direktur program, kabupaten dan fasilitas manajer, supervisor, pelatih, administrator, dan penasehat teknis, tergantung pada negara-negara yang berbeda atau program. Akhirnya, manual ini bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap upaya global untuk meningkatkan kesehatan perempuan dengan mempromosikan tepat, terjangkau, dan mekanisme penyampaian pelayanan yang efektif untuk pencegahan kanker serviks dan kontrol.

manual ini difokuskan pada program elemen generik penting bagi keberhasilan pencegahan kanker serviks dan program pengendalian dan berhubungan dengan kontinum penuh dari pencegahan melalui screening dan pengobatan untuk perawatan paliatif. Hal ini menyajikan berbagai pilihan layanan yang berlaku untuk pengaturan geografis dan budaya yang berbeda, dan berbagai tingkat sumber daya. Manajemen tim akan perlu memilih pendekatan program yang paling sesuai dengan pengaturan yang spesifik dan tujuan program mereka.

manual ini ditulis berdasarkan asumsi bahwa keputusan kunci tertentu telah dibuat oleh para pembuat kebijakan nasional atau subnasional tentang spesifik dari program pencegahan kanker leher rahim yang akan ditempatkan di tempat di negara mereka, kawasan, negara, atau propinsi. keputusan tersebut termasuk apa skrining dan pilihan pengobatan dan pendekatan untuk menggunakan jasa pengiriman, sasaran kelompok umur, tujuan cakupan, frekuensi pemutaran, peraturan yang memungkinkan penyedia layanan di berbagai tingkatan untuk melakukan prosedur yang diperlukan, dan apakah untuk mendirikan program vertikal atau terintegrasi. Oleh karena itu, informasi rinci tentang pedoman praktik klinis dan keputusan kebijakan untuk pencegahan kanker serviks dan kontrol tidak termasuk dalam dokumen ini. Untuk informasi tersebut, pembaca harus merujuk ke dokumen seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang akan datang publikasi, Comprehensive serviks Kanker Control: Sebuah Panduan untuk Essential Practice, Badan Internasional untuk Riset (IARC) Kanker's Buku Pegangan mendatang Kanker Pencegahan, Volume 10: Pemeriksaan Kanker Leher Rahim, dan WHO Kanker Program Nasional Pengendalian: Kebijakan dan Pedoman Manajerial. Namun, informasi dasar yang disediakan di sini-misalnya, fitur xiv dan sumber daya yang diperlukan untuk berbagai pemeriksaan dan pilihan pengobatan dan layanan pengiriman pendekatan-untuk membantu tim manajemen dalam melaksanakan keputusan-keputusan kebijakan.

Keempat bagian ini menyediakan buku panduan informasi yang dibutuhkan untuk tugas-tugas penting yang harus dilakukan oleh tim manajemen. Meskipun bab mengikuti urutan logis untuk perencanaan dan pelaksanaan program, setiap bab juga dapat dibaca secara independen, dengan referensi silang dimana tepat antara bab.
0 Komentar untuk "PERENCANAAN DAN PELAKSANAKAN PENCEGAHAN KANKER LEHER RAHIM (SERVIKS) DAN PROGRAM PENGENDALIAN"

Back To Top